Sabtu, 09 Oktober 2010

bisnis cafe/makanan


Semua orang pasti membutuhkan makan dan juga hampir rata-rata kita bisa membuat makanan, apalagi dengan semakin mudahnya mendapatkan informasi resep-resep maupun cara-cara/tips dari berbagai media komunikasi.Kira-kira itulah alasan awal kebanyakan orang mengawali bisnis makanan.Meskipun tidak sedikit yang gagal, tetapi banyak juga yang kemudian sukses.
Bagi yang ingin skala usaha lebih besar namun tetap mudah, sekarang cukup banyak usaha makan dengan sistem franchise.
Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan ketika ingin membuka bisnis makanan.
1.        Waktu dan Modal
untuk terus menyokong jalannya usaha ini hingga menghasilkan profit juga merupakan hal yang penting. Tidak sedikit usaha makanan dijalankan dengan perhitungan pengeluaran dan pemasukannya yang belum matang.Hal inilah yang umumnya menjadi alasan beberapa usaha seperti ini harus ‘babak belur’ serta menerapkan banyak trial and error dalam pengelolaannya.
2.       Lokasi
Faktor ini juga sangat berpengaruh dalam bisnis makanan. Biasanya tempat atau lokasi yang mudah dijangkau dan strategis dengan perkantoran atau sekolahan.
3.       Harga dan produk yang ditawarkan
Biasanya harga dan produk yang ditawarkan juga berpengaruh terhadap bisnis ini. Konsumen menginginkan harga yang terjangkau tetapi produk atau makanan yang disediakan memuaskan apalagi jika lokasinya berada di sekitar sekolahan atau kampus.
4.       Fasilitas
Ini bisa menjadi nilai tambah tersendiri untuk usaha ini apabila menambahkan beberapa fasilitas-fasilitas untuk kenyamanan konsumen seperti wifi. Tempat yang bersih dan nyaman juga salah satu faktor yang dicari oleh konsumen.
Kalau Anda mempunyai impian memiliki usaha makan sendiri, maka Anda harus menemukan jalan sendiri dibarengi dengan usaha terus menerus serta berani mengambil alternatif serta tantangan.Namun tentunya juga dengan selalu memperhitungkan faktor resiko dalam mengambil setiap keputusan.

sumber: www.google.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar