Rabu, 17 Oktober 2012

CAPITAL BUDGETING

 Keseluruhan proses perencanaan dan pengambilan keputusan mengenai luaran dana dimana jangka waktu kembalinya dana tersebut melebihi waktu satu tahun disebut sebagai “Capital Budgeting”. Batas jangka waktu satu tahun tersebut tidaklah mutlak. Termasuk dalam golongan pengeluaran dana ini ialah pengeluaran dana untuk pembelian aktiva tetap (plan investment) yaitu, tanagh, bangunan-bangunan, mesin-mesin, dan peralatan-peralatan lainnya. Demikian pula pengeluaran dana untuk proyek advertensi jangka panjang, penelitian dan pengembangan termasuk juga dalam golongan “capital budgeting expenditures”.
            Capital budgeting mempunyai arti yang sangat penting bagi perusashaan karena :
1.      Dana yang dikeluarkan akan terikat untuk jangka waktu yang panjang. Ini berarti bahwa perusahaan harus menunggu sampai keseluruhan dana yang tertanam dapat diperoleh kembali oleh perusahaan. Ini akan berpengaruh bagi penyediaan dana untuk keperluan lain.
2. Investasi dalam aktiva tetap menyangkut harapan terhadap hasil penjualan diwaktu yang akan datang. Kesalahan dalam mengadakan “forecasting”akan dapat mengakibatkan adanya “over” atau “under-investment” dalam aktiva tetap.
3.      Pengeluaran dana untuk keperluan tersebut biasa meliputi jumlah yang besar. Jumlah dana yang besar itu mungkin tidak dapat diperoleh dalam jangka waktu yang pendek atau mungkin tidak dapat diperoleh sekaligus.
4.      Kesalahan dalam pengambilan keputusan mengenai pengeluaran modal tersebut akan mempunyai akibat yang panjang dan berat. Kesalahan ini tidak dapat diperbaiki tanpa adanya kerugian.


          Sumber : Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Prof. Dr. Bambang Riyanto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar