Rabu, 17 Oktober 2012


RENTABILITAS

Rentabilitas suatu perusahaan menunjukan perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut. Dengan kata lain rentabilitas adalah kemampuan suatu perusahaan untuk menghasilkan laba selama periode tertentu, dan umumnya dirumuskan sebagai :
L / M x100%
Dimana L adalah jumlah laba yang diperoleh selama periode tertentu dan M adalah modal atau aktiva yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut. Ada 2 cara penilaian rentabilitas yaitu rentabilitas ekonomi dan rentabilitas modal.

A.      Rentabilitas Ekonomi
Rentabilitas ekonomi ialah perbandingan antara laba usaha dengan modal sendiri dan modal asing yang dipergunakan untuk menghasilkan laba tersebut dan dinyatakan dalam presentase. Atau dapat disebut pula sebagai kemampuan suatu perusahaan dengan seluruh modal yang bekerja didalamnya untuk menghasilkan laba. Modal yang diperhitungkan hanyalah modal yang bekerja didalam perusahaan (operating capital/assets) modal yang ditanamkan dalam efek (kecuali perusahaan-perusahaan kredit) tidak diperhitungkan dalam menghitung rentabilitas ekonomi. Laba yang diperhitungkan pun hanyalah laba yang berasal dari operasinya perusahaan disebut (net operating income). Laba diluar usaha seperti deviden, coupon, dll tidak diperhitungkan.
Tinggi rendahnya rentabilitas ekonomi/ earning power ditentukan oleh 2 faktor yaitu :
a.      Profit Margin, perbandingan antara “net operating income” dengan “net sales”, perbandingan dinyatakan dalam presentase :

Profit Margin = Net operating income / net sales x100% 

Profit margin dapat dikatakan selisih antara net sales dengan “operating expenses”. (Harga pokok penjualan + biaya administrasi + biaya penjualan + biaya penjualan + biaya umum), selisih dinyatakan dalam presentase dari net sales.

b.      Turnover of Operating Assets (tingkat perputaran usaha), kecepatan perputarnya operating assets dalam suatu periode tertentu. Turnover tersebut dapat ditentukan dengan membagi net sales dengan “operating assets”

Turnover of Operating Assets = Net sales / Operating assets

Hasil akhir dari percampuran kedua efisiensi profit margin dan operating assets turnover menentyukan tingkat profit margin atau “operating assets turnover” masing-masing ataun keduanya akan mengakibatkan naiknya earning power.

B.      Rentabilitas Modal Sendiri
Rentabilitas modal sendiri atau rentabilitas usaha adalah perbandingan antara jumlah laba yang tersedia bagi pemilik modal sendiri di satu pihak dengan jumlah modal sendiri yang menghasilkan laba tersebut di lain pihak. Laba yang diperhitungkan untuk menghitung rentabilitas modal sendiri adalah laba usaha setelah dikurangi dengan bunga modal asing dan pajak perseroan atau income tax (EAT = Earning After Tax). Sedangkan modal yang diperhitungkan hanyalah modal sendiri yang bekerja didalam perusahaan. 

Sumber : Dasar-Dasar Pembelanjaan Perusahaan, Prof. Dr. Bambang Riyanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar