Senin, 10 Desember 2012

LAPORAN KEUANGAN BANK


Laporan keuangan disusun sebagai bentuk pertanggungjawaban manajemen terhadap pihak-pihak yang berkepentingan dengan kinerja bank yang dicapai selama periode tertentu. Oleh karena itu laporan keuangan bank harus memenuhi syarat mutu dan karakteristik kualitatif. Dengan demikian pihak-pihak pengguna laporan keuangan dapat menggunakannya tanpa dihinggapi keraguan, sementara bagi manajemen bank, laporan keuangan yang telah disususn dapat digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan akuntansi. Bank komersial baik bank umum maupun Bank Perkreditan Rakyat diwajibkan memberikan laporan keuangan setiap periode tertentu. Jenis laporan keuangan yang dimaksud adalah :
a.     
      Laporan Keuangan Bulanan.
Laporan keuangan bank umum yang disamoaikan oleh bank kepada Bank Indonesia untuk posisi bulan Januari samapai dengan Desember akan diumumkan pada home page Bank Indonesia. Format yang digunakan untuk laporan keuangan publikasi bulanan tersebut sesuai format pada laporan keuangan bulanan dibawah ini. Laporan keuangan bulanan merupakan laporan keuangan bank secara individu yang merupakan gabungan antara kantor pusat dengan seluruh kantor bank.

b.      Laporan Keuangan Triwulan
Laporan keuangan triwulan disusun antara lain untuk memberikan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja atau hasil usaha bank serta informasi keuangan lainnya kepada berbagai pihak yang berkepentingan dengan perkembangan usaha bank. Laporan keuangan triwulan yang wajib disajikan adalah laporan keuangan untuk posisi akhir Maret, Juni, September dan Desember. Laporan keuangan triwulan ini selain wajib diumumkan dalam surat kabar juga akan diumumkan dalam home page Bank Indonesia.

c.       Laporan Keuangan Tahunan
Laporan tahunan bank dimaksudkan untuk memberikan informasi berkala mngenai kondisi bank secara menyeluruh, termasuk perkembangan usaha dan kinerja bank. Seluruh informasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan transparansi kondisi keuangan bank kepada publlik dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap lembaga perbankan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar