Senin, 10 Desember 2012

Pemeriksaan Akuntansi (Auditing)


        Secara umum, Auditing adalah suatu proses sistematik untuk memperoleh dan mengevaluasi bukti secara objektif mengenai pernyataan tentang kejadian ekonomi, dengan tujuan untuk menetapkan tingkat kesesuaian antara pernyataan tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan serta penyampaian hasil-hasilnya kepada pemakai yang berkepentingan. Ditinjau dari sudut auditing independen, auditing adalah pemeriksaan secara objektif atas laporan keuangan suatu perusahaan atau organisasi yang lain dengan tujuan untuk menentukan apakah laporan keuangan tersebut menyajikan secara wajar keadaan keuangan dan hasil usaha perusahaan atau organisasi tersebut.

            Laporan audit merupakan alat yang digunakan oleh auditor untuk mengkomunikasikan hasil auditnya kepada masyarakat. Oleh karena itu, makna setiap kalimat yang tercantum dalam laporan audit baku dapat digunakan untuk mengenal secara umum profesi akuntan publik. Laporan audit baku terdiri dari tiga paragraf yaitu : paragraf pengantar, paragraf lingkup dan paragraf pendapat.

            Ada tiga tipe auditor menurut lingkungan pekerjaan auditing yaitu :
1.      Auditor independen adalah auditor profesional yang menjual jasanya kepada masyarakat umum, terutama dibidang audit atas laporan keuangan yang disajikan oleh kliennya.
2.      Auditor pemerintah adalah auditor profesional yang bekerja di instansi pemerintahan yang tugas pokoknya melakukan audit atas pertanggungjawaban keuangan yang disajikan oleh unit-unit organisasi dalam pemerintahan atau pertanggungjawaban keuangan yang ditujukan kepada pemerintah.
3.      Auditor intern adalah auditor yang bekerja dalam perusahaan (perusahaan swasta maupun perusahaan negara) yang tugas pokoknya adalah menentukan apakah kebijakan dan prosedur yg ditetapkan oleh menejemen puncak telah dipatuhi, menentukan baik atau tidaknya penjagaan terhadap kekayaan organisasi, menetukan efisiensi dan efektivitas prosedur kegiatan organisasi serta menentukan keandalan informasi yang dihasilkan oleh berbagai bagian organisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar